Sopir Ojek Online NADIEM MAKARIM Jadi Menteri Hadirkan Pro dan Kontra



Nadiem Anwar Makarim (lahir di Singapura, 4 Juli 1984; umur 35 tahun) Nadiem Anwar Makarim adalah putra dari pasangan Nono Anwar Makarim dan Atika. Nadiem Anwar Makarim adalah seorang pengusaha Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Joko Widodo-K.H Mar'uf Amin, yang dilantik pada 23 Oktober 2019.

Nadiem Anwar Makarim merupakan pendiri Go-Jek, sebuah perusahaan transportasi dan penyedia jasa berbasis daring yang beroperasi di Indonesia dan sejumlah negara Asia Tenggara seperti Singapura, Vietnam dan Thailand. Nadiem menjalani proses pendidikan dasar hingga SLTA berpindah-pindah dari Jakarta ke Singapura. Sehabis menyelesaikan pendidikan SMA-nya di Singapura, pada tahun 2002 ia mengambil jurusan Hubungan Internasional di Brown University, Amerika Serikat. Nadiem sempat mengikuti pertukaran pelajar di London School of Economics. Setelah memperoleh gelar sarjana pada tahun 2006, tiga tahun kemudian ia mengambil pasca-sarjana dan meraih gelar Master of Business Administration di Harvard Business School

Sopir Ojek Online NADIEM MAKARIM Jadi Menteri Hadirkan Pro dan Kontra, Republik Indonesia menyampaikan beberapa pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan oleh Nadiem Makarim di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Adapun Nadiem ditunjuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di Kabinet Indonesia Maju periode 2019 - 2024.  

“Kepada Mendikbud, yang perlu diselesaikan adalah masalah zonasi,” kata Wakil Ketua Ombudsman, Lely Pelitasari Soebekty, dalam acara Ngopi Bareng Ombudsman di Gedung Ombudsman, Jakarta Selatan, Rabu, 23 Oktober 2019.

Menurut Lely, diperlukan beberapa penyempurnaan aturan dalam kebijakan zonasi sistem sekolah ini. Tujuannya, agar pelaksanaan di lapangan tidak menimbulkan kegaduhan setiap tahun ajaran. Situasi ini memang  terjadi hingga tahun lalu saat pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB. Sejumlah orang tua dan murid pun mengaku resah.

Dosen Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, Bagas Pujilaksono Widyakanigara saat itu secara terbuka menyebut metode zonasi adalah metode salah urus yang menjungkir-balikkan proses persaingan terbuka dan merampas kebebasan anak untuk memilih sekolah sesuai cita-citanya. "Yang terjadi, hanya gara-gara rumahnya dekat dengan sekolah negeri favorit, dengan nilai UN (ujian nasional) super jelek, bisa diterima," kata dia, Selasa, 18 Juni 2019.

Staf Khusus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Manajemen, Hamid Muhammad, mengatakan bahwa mindset sekolah favorit belum hilang. Sistem zonasi, kata dia, justru bertujuan untuk memunculkan sekolah favorit baru di setiap zonasi. "Kalau yang dikejar sekolah favorit itu-itu saja, pemerataan sekolah kita enggak akan berkembang," kata Hamid pada, Rabu, 19 Juni 2019. Dari info yang inti utamanya Sopir Ojek Online NADIEM MAKARIM Jadi Menteri Hadirkan Pro dan Kontra

Anggota Ombudsman Ahmad Suadi juga mengatakan persoalan zonasi ini terjadi karena belum adanya pemerataan fasilitas pendidikan di daerah, mulai dari bangunan sekolah, laboratorium, hingga tenaga pengajar. Sehingga, masih ada kecamatan di Indonesia yang belum memiliki SMP maupun SMA. “Sejak Indonesia merdeka, strategi pendidikan dan kebudayaan masih sentralistik,” kata dia.

Masalah, kata Suadi, tidak hanya pada zonasi, tapi juga anggaran pendidikan 20 persen. Ia menyebut belum seluruh daerah menganggarkan dengan minimal besaran tersebut. Menurut Suadi, penunjukan Nadiem sebagai Mendikbud, menggantikan Muhadjir Effendy memang cukup radikal. “Namun siapa tahu Nadiem Makarim bisa memberikan terobosan, yang penting jangan sampai Kemendikbud selalu lihat ke atas, tapi di bawahnya keropos,” kata dia. Info article Sopir Ojek Online NADIEM MAKARIM Jadi Menteri Hadirkan Pro dan Kontra

Related

Viral 5492759811014453767

Post a Comment

emo-but-icon

Featured Post

Info Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2019 Akan dibuka

Info Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2019 akan dibuka pada 11 November mendatang. Proses pendaftaran dilakukan secara ...

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Text Widget

item